Mata Kuliah : Komunikasi Interpersonal
Dosen : Farida Sulistyorini, S.T.
Semester/Prodi : III (UTS)/ Teknik Informatika
Hari/ Tanggal : Jum’at, 11 November 2011
Soal Ujian
Soal Teori, Jawablah dengan singkat!
- Kebutuhan berkomunikasi sudah ada sejak manusia diciptakan, ada banyak alasan mengapa manusia perlu berkomunikasi, di antaranya adalah dengan alasan kebutuhan fisik, kebutuhan identitas, kebutuhan sosial dan kebutuhan praktis. Berikan contohnya masing-masing 1 point dari kebutuhan-kebutuhan tersebut!
- Komunikasi adalah sebuah proses penyampaian informasi dari seseorag kepada orang lain dengan menggunakan simbol-simbol. Dalam proses komunikasi terdapat unsure-unsur komunikasi. Jelaskan unsur-unsur komunikasi yang berkaitan dengan penerjemah pesan atau penyandian (decoding dan encoding).!
- Untuk melakukan komunikasi interpersonal yang efektif, tidak terlepas dari masalah persepsi, yaitu baik mengenai persepsi diri sendiri maupun mengenai persepsi orang lain. Jelaskan apa yang dimaksud dengan persepsi diri sendiri.!
- Prinsip komunikasi empatik adalah “berusaha mengerti terlebih dahulu, baru dimengerti” untuk hal itu dituntut kemampuan mendengar agar dapat mengerti sebelum memberikan respon/umpan balik (feed back) yang efektif. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “mendengar empatik”.!
- Kemampuan untuk mendengar merupakan kemampuan yang harus dmiliki oleh seseorag dan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan. Beberapa survey ada yang menyimpulkan bahwa kemampuan seseorang untuk mendengar jauh lebih penting atau lebih berharga dari pada kemampuan seseorang untuk berbicara. Sebutkan 4(empat) alasan utama untuk mendengarkan.!
Studi Kasus
Kasus 1 :
Dalam pelaksanaan tugas audit sering terjadi ketegangan antara auditor dengan pihak auditan yang dikarenakan oleh sikap seseorang auditor yang kurang berkenaan menurut pihak auditan. Sikap auditor tersebut adalah kebiasaan menunjuk dengan jari kelingking tangan kiri yang ditafsirkan meremehkan
diminta :
selain kebiasaan yang cendrung optimis dan jarang disdari tersebut, sebutkan dan jelaskan apakah karakteristik perilaku nonverbal lainnya.
Kasus 2 :
Supervisor marketing berwajib membina berberapa tim marketing yang menjadi tanggung jawabnya. Terhadap satu tim marketing yang terdiri atas satu orang ketua tim dan dua orang anggota tim yang selalu tidak mampu menyelesaikan tugas secara tepat waktu, sehingga akan menggangu jika perkerjaannya merupakan bagian dari hasil tugas pemasaran yang akan dikompilasi. Ketua tim tersebut adalah seorang pelaku bisnis senior, bersuara lantang, spontan dan selalu mendominasi pembicaraan. Sedangkan anggota timnya terdiri atas seseorang, lulusan SMU dan baru bertugas sebagai tenaga pemasaran sehingga perlu banyak diberikan bimbingan, dan yang lainnya adalah seorang tenaga pemasaran yang pendiam dan mudah tersingung. Ketua tim tersebut merasa kewalahan untuk mengarahkan dan membagi pekerjaan agar tugas yang diberikan dapat diselesaikan tepat waktu. Supervisor menyadari bahwa semua hal tersebut berawal dari masalah komunikasi serta pemahaman atas komunikan.
diminta :
dengan menggunakan pemahaman anda tentang komunikasi efektif serta pemahaman mengenai komunikan, kajilah masalah tim tersebut dan berikan jalan keluar untuk mengatasi kondisi negative yang berlangung selama ini.
0 Response to " soal Komunikasi Interpersonal "
Post a Comment